Senin, 06 Oktober 2014

KONSEP DASAR & DESAIN STUDI KELAYAKAN BISNIS

Studi Kelayakan Bisnis
Pengertiandan Ruang Lingkup Proyek
A. Pengertian
Kita pasti sering mendengar yang namanya studi kelayakan bisnis, tapi banyak juga di antara kita yang tidak mengerti apa pengertian studi kelayakan bisnis tersebut.
Studi kelayakan bisnis è adalahpenelitian yang menyangkut berbagaiaspek baik itu aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya, aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampaidengan aspek manajemen dankeuangan
Semua aspek diatasdigunakan untuk dasar penelitian studi kelayakanbisnis dan hasilnya digunakanuntuk mengambilkeputusan apakahsuatu bisnis atau usaha dapatdikerjakan, ditunda bahkan tidakdijalankansama sekali.
Pengertian proyek è adalah penelitian yang menyangkut berbagai aspek dalam kehidupan yaitudari aspek hukum, sosial ekonomi dan budaya,aspek pasar dan pemasaran, aspek teknis dan teknologi sampai dengan aspek manajemen dan keuangannya, dimana semua digunakan untuk dasar penelitian dan hasilnya digunakan untuk mengambil keputusan apakah suatu proyek dapat dikerjakan atau ditunda dan bahkan tidakdijalankan.
Pentingnya Studi Kelayakan Bisnis è Studi Kelayakan Usaha adalah suatu penelitian tentang layak tidaknya suatu usaha dilakukan dengan menguntungkan secara terus menerus.
Ada dua studi yang dapatdigunakan, yaitu:
· Studi Kelayakan Usaha (Feasibility Study of Business)
· Analisis SWOT:STRENGHT (Kekuatan), WEAKNESS (Kelemahan), OPPORTUNITY (Peluang), THREAT (Ancaman).
HasilFS pada prinsipnya digunakan untuk antara lain::
· Merintis usaha baru;
· Mengembangkan usaha yang sudah ada
· Memilih jenis usaha atau investasi/proyek yang paling menguntungkan.
Adapun pihak yang memerlukan FS diantaranya:
· Pihakwirausaha (pemilik perusahaan )
· Pihakinvestor dan penyandang dana;
· Pihakmasyarakatdan pemerintah.
B. Aspek dalam Studi Kelayakan
Ruang lingkup aspek-aspek yang terdapat pada proyek yang terdiri dari berbagaiaspek antara lain :
1. Aspek hukum è Berkaitan dengan keberadaan secara legal dimana proyek akandibangun yangmeliputi ketentuan hukum yang berlaku termasuk :
· Izin Lokasi :
- sertifikat (akte tanah),
- buktipembayaran PBB yang terakhir,
- rekomendasi dari RT /RW/Kecamatan
· Izin Usaha :
- Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat PT/CV atau berbentuk badanhukum lainnya.
-NPWP (nomor pokok wajibpajak)
-Surat tanda daftarperusahaan
-Surat izin tempat usaha daripemda setempat
-Surat tanda rekanan daripemda setempat
-SIUP setempat
- Surat tanda terbit yang dikeluarkan oleh Kanwil Departemen Penerangan
Aspek hukum mempelajaritentang:
· Bentuk badanhukum yang akandipergunakan
· Jaminan-jaminan yang bisa disediakan kalau akan menggunakan sumber dana yang berupa pinjaman
· Berbagai akta, sertifikat, ijin yang diperlukan, dsb.
2. Aspek Sosial Ekonomi dan Budaya èBerkaitan dengan akibat yang diberikan kepada masyarakatkarena adanyasuatu proyek tersebut :
· Dari sisi budaya è Mengkaji tentang dampak keberadaan peroyek terhadap kehidupan masyarakatsetempat, kebiasaanadatsetempat.
· Dari sudut ekonomi è Apakah proyek dapat merubah atau justru mengurangi income per capitapanduduk setempat. Seperti seberapa besar tingkat pendapatan per kapita penduduk, pendapatan nasional atau upah rata-rata tenaga kerja setempat atau UMR,dll.
· Dan dari segi social è Apakah dengan keberadaan proyek wilayah menjadi semakin ramai, lalulintas semakin lancar, adanya jalur komunikasi, penerangan listrik dan lainnya, pendidikan masyarakat setempat.
Untuk mendapatkan itu semua dengan carawawancara, kuesioner, dokumen, dll. Untuk melihat apakah suatu proyek layak atau tidak dilakukan dengan membandingkan keinginan investor atau pihak yang terkait dengan sumber data yangterkumpul.
Aspek ekonomi dansosial, meliputipenelitiantentang:
· Pengaruh proyek tsb terhadap peningkatan penghasilan negara
· Pengaruh proyek tsb terhadap devisa yang bisa dihemat dan bisa diperoleh
· Penambahan kesempatan kerja
· Pemerataan kesempatan kerja
· Bagaimanapengaruh proyek terhadap industri lain
· Aspek yang bersifat sosial.
3. Aspek pasar dan pemasaran èBerkaitan dengan adanya peluang pasar untuk suatu produk yang akanditawarkan oleh suatu proyek tersebut :
• Potensi pasar
• Jumlah konsumen potensial, konsumen yang mempunyai keinginan atau hasrat untuk membeli.
Tentang perkembangan/pertumbuhan penduduk :
• Daya beli, kemampuan konsumen dalam rangka membeli barang mencakup tentang perilaku, kebiasaan, preferensi konsumen, kecenderungan permintaan masa lalu,dll.
• Pemasaran, menyangkut tentang starategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau pelung pasar atauseberapa besar pengaruh strategi tersebut dalammeraih besarnya market share.
Aspek pasar dan pemasaran mempelajaritentang:
· Permintaan , secara total atau terinci menurut daerah, jenis konsumen, perusahaan besar pemakai, proyeksi permintaan
· Penawaran , dalam negeri dan impor, perkembangan di masa lalu dan perkiraan dimasa datang, faktor yang mempengaruhi penawaran
· Harga , perbandingan dengan barang impor, produksi dalam negeri lain, kecenderungan perubahan harga dan polanya
· Program pemasaran ,strategi pemasaran (marketing mix ), siklus kehidupan produk
· Perkiraan penjualandan market shareyang bisa dikuasai.
Analisa pasar pentinguntuk memperkirakan berapa penjualanyang bisa dicapaioleh perusahaan.
Analisis aspek pemasaran è Dalam analisis pasar ada beberapa komponen yang harus dianalisis dan dicermati,diantaranya :
Kebutuhan dan keinginan konsumen;
Segmentasi pasar
Target;
Nilaitambah;
Masa hidup produk;
Struktur pasar
Persaingan dan strategi pesaing
4. Aspek teknis dan teknologi è Berkaitan dengan pemilihan lokasi peroyek, jenis mesin, atau peralatan lainnya yang sesuai dengan kapasitas produksi,
lay out ,danpemilihan teknologi yang sesuai.
Aspek teknis danproduksi, menyangkut pertanyaantentang:
· Apakah studi dan pengujian pendahuluan pernah dilakukan?
· Apakah skala produksi yang dipilih sudah optimal? (meminimumkan biaya produksi rata-rata atau memaksimumkan laba, fasilitas ekspansi, dsb)
· Apakah proses produksi yang dipilihsudah tepat?
· Apakah mesin-mesin dan perlengkapan yang dipilih sudah tepat? (umur ekonomis dan fasilitaspelayanan jikaterjadikerusakan)
· Apakah perlengkapan tambahan dan pekerjaan teknis tambahan telah dilakukan? (termasuk material handling, suplai bahan pembantu, kontrol kualitas).
· Apakah telah disiapkan kemungkinan penanganan terhadap limbah produksi?
· Apakah tata letak yang diusulkandari fasilitasproduksi cukup baik?
· Bagaimanadengan pemilihan lokasi dan site produksi?
· Apakah skedul kerja telah dibuatdengan cukup realistis?
· Apakah teknologi yang akan digunakan bisa diterima dari pandangan sosial?
Analisis aspek produksi è Beberapa unsur dari aspek produksi/operasi yang harus dianalisis diantaranya :
Lokasi operasi
Volume operasi;
Mesin dan peralatan;
Bahan baku dan bahan penolong;
Tenaga kerja;
LAY-OUT
5. Aspek manajemen è Berkaitan dengan manajemen pembangunan proyek dan operasionalnya.
Aspek manajemenmempelajaritentang:
· Manajemen dalam masa pembangunan proyek. Siapa pelaksana proyek, bagaimana jadwal penyelesaian proyek, siapa yang melakukan studi masing-masing aspek: pemasaran, teknis, dan lainsebagainya
· Manajemen dalam operasi. Bentuk organisasi/badan usaha yang dipilih. Struktur organisasi, deskripsi jabatan, dan spesifikasi jabatan. Anggota direksi dan tenaga-tenaga kunci. Jumlah tenaga kerja yang akan digunakan.
Analisis aspek manajemen è Beberapa unsur yang harus dianalisis di antaranya :
Kepemilikan
Organisasi
TIM Manajemen
Karyawan;
6. Aspek keuangan èBerkaitan dengan sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan.
Aspek keuangan mempelajariberbagaifaktor penting:
· Dana yang diperlukan untuk investasi, untuk aktivatetap maupun modal kerja
· Sumber-sumber pembelanjaan yang akandipergunakan
· Taksiran penghasilan, biaya, danrugi/laba pada berbagai tingkat operasi, serta estimasi tentang breakevent proyek
· Manfaat dan biaya dalam artian finansial, seperti rate of return on investment , net present value , internal rate of return , profitability index , dan
paybackperiod .Estimasi terhadap risiko proyek (total dan sistematis)
· Proyeksi keuangan. Pembuatan neraca yang diproyeksikan dan proyeksi sumber danpenggunaan dana.
Analisisaspek keuangan èMeliputi komponen-komponen sebagai berikut :
· Kebutuhan dana;
· Sumberdana;
· Proyeksi neraca;
· Proyeksi labarugi;
· Proyeksi alirankas (cash flow)
Contohpembangunanproyek sepertipembangunankompleksperumahan, pembangunanruko-ruko, pembangunansarana umum,perbaikan jalan dan lain-lain.
DesainStudi Kelayakan
Tujuan
Setelah mempelajariBab ini mahasiswadiharapkan dapatmemahami:
• Aspek-aspek apa saja yang perlu diperhatikan dalam menyusun laporan studi kelayakan? Bagaimana sejarah proyek? Siapa sponsor proyek?
• Studi kelayakan dilakukan oleh sponsor proyek sendiri atau menggunakan jasakonsultan? Perlu jasakonsultan luar negeri?
• Bagaimana ide pertama muncul? Apa pendorongnya? Sponsor mempunyai pengetahuan tentang proyek?
• Sejauh mana aspek yang mempengaruhi proyek akan diteliti? Alat dan kerangka analisa apa yang diperlukan? Data apa dan siapa sumber datauntuk keperluan analisa?
Identifikasi KesempatanUsaha
Tahap melakukanproyek investasi:
1. Identifikasi, sponsor proyek melihat adanyakesempatan investasi yang menguntungkan. Pengamatan terhadap lingkungan untuk memperkirakan kesempatan dan ancaman usaha
2. Perumusan, tahap menerjemahkan kesempatan investasi kedalam suatu rencana proyek yang konkret, dengan faktor-faktor yang penting dijelaskan secara garis besar
3. Penilaian, melakukan analisa dan menilai aspek pasar, teknik, keuangan, dan perekonomian
4. Pemilihan, melakukan pemilihan dengan mengingat segala keterbatasan dantujuan yang akandicapai
5. Implementasi, menyelesaikan proyek tersebut dengan tetap berpegang pada anggaran.
Identifikasi kesempatan berusaha, bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai cara:
a. Mempelajariimpor .
b. Menyelidikimateriallokal untuk kemungkinan eksploitasi lebih lanjut
c. Mempelajari keterampilan tenaga kerja, terutama untuk jenis industri tertentu
d. Melakukanstudiindustri
e. Menerapkan kemajuan teknologi . Perubahan teknologi dari waktu ke waktu memungkinkan investor memanfaatkan sebelum pihak lain menggunakannya (competitiveadvantage).
f. Mempelajarihubunganantar-industri.
g. Menilai rencanapembangunan.
h. Melakukanpengamatandi tempat lain.
Tujuan Keputusan Investasi
Tujuan yang paling tepat dari pengambilan keputusan untuk melakukan investasi adalahuntuk memaksimumkannilai pasar modalsendiri (saham).
Tujuan ini menghadapi masalah-masalah operasional (terutama di negara-negara yang sedang berkembang):
(1) Tidak bisa diterapkan pada sektor publik karena tidak ada pemilikan lainselain negara
(2) Sejumlah besar perusahaan pada sektor swasta tidak menjual sahamnya ke pasar modal
Pengetahuan tentang bagaimana pengaruh keputusan investasi terhadap nilai pasar modalsendiri masih kurang cukup.
ANALISIS STUDI KELAYAKAN
ALAT DAN KERANGKA ANALISA
1. Analisa aspek pasar dan pemasaran:
• metode ekstrapolasi mekanis (noncausalmethod ),
• metode ekonometri (tentang hubungan antar-variabel), dan
• metode-metode lain(metode judgement ,metode koefisien teknis).
Survei khusus yang mungkin harus dilakukantentang consumerbehavior :
· Perilaku konsumsi
· Kepuasaan thd. produk saatini
· Pengetahuan produk
· Kebutuhan yg belumterpenuhi
· Keinginan dan rencana pembelian
· Sikapterhadap produk
· Motif pembelian
· Karakteristik sosial ekonomi.
2. Analisa aspek teknik dan produksi,dilakukanoleh mereka yang menguasai pengetahuan teknis dan manajemennya (resource persons ), menyangkut:
• Analisaperilaku biaya (identifikasi fungsi biaya)
• Analisaperbandingan biaya (memilih alternatif produksi yang lebih baik)
• Analisapenggantian aktivadan penyediaan mesin
• Metode transportasi (menentukan lokas gudang)
• Pemilihanlokasi dengan metode scoring atauperbandingan biaya
• Analisahubungan link analysisuntuk mengatur tata letak fasilitas produksi
• Time andmotion studyuntuk pengaturan skedul kerja.
3. Analisa aspek keuangan dengan menggunakan alat berikut:
• Metode penilaian investasi
• Metode penentuan kebutuhan dana, baik modalkerja maupun aktiva tetap
• Metode pemilihan sumber dana (modal keseluruhan perusahaan. Analisis rentabilitas ekonomi, rentabilitas modalsendiri, pertimbangan aspek likuiditas)
• Analisabreakevent, linear maupun nonlinear
• Proyek alirankas (anggaran kas) untuk memperkirakan kemampuan memenuhi kewajiban finansial
• Analisasumber dan penggunaan dana
• Analisarisiko investasi (dihubungkan dengan penilaian profitabilitas investasi).
4. Analisa aspek manajemen:
• Analisajabatan: menentukan deskripsi dan spesifikasi jabatan
• Analisabeban kerja dan angkatan kerja: menentukan kebutuhan akan jumlah tenaga kerja
• Analisastruktur organisasi: menentukan kedalaman,dasar pengelompokan kegiatan dan hubungan antar departemen.
5. Analisa manfaat ekonomidan sosial:
• Melakukan penyesuaian terhadap manfaat komersial (finansial)
• Analisamanfaat dan pengorbanan sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar